Jumat, 22 Maret 2013

Me VS Bees



Kamis, 21 Maret 2013 kemaren. Pukul 04.30 WIB gw terbangun dari tidur karena ada panggilan alam, yaitu pengen pepsi atau pepito alias kencing he he he... Waktu menuju kamar mandi, gw melewati dapur dan mendengar suara mendengung, yang menurut gw paling juga lalat ijo. Jadi gw melenggang meneruskan misi utama gw yaitu pipis he he he... Pas gw balik dari kamar mandi gw kok mendengar suara dengung itu lebih keras bunyinya. Pas gw tengok di dinding dapur ternyata ada beberapa ekor lebah yang sedang terbang dengan riang gembira. Tapi gw terpaksa merusak keceriaan sang lebah, dengan menggetoknya pake sandal jepit hi hi hi... 1, 2, 3, 4, 5... ternyata gw membunuh 5 ekor lebah. Pantas saja tadi suara dengungnya lumayan keras. Waktu gw mau beranjak keluar dari dapur eh, suara dengung itu terdengar lagi. Plak plok plak plok... sandal jepit gw kembali beraksi dan  menelan korban 2 ekor lebah lagi.

Mama gw yang mendengar kegaduhan waktu gw menghajar lebah-lebah itu, bertanya;
“Ada apa Farrel? Pagi-pagi udah berisik...”  tanyanya.
“Gpp Ma, ini ada lebah di dapur.” Jawab gw.
“Dari mana ya, kok ada lebah segala, padahal di rumah kita kan ga ada tanaman bunga.” Gumam Mama seakan berbicara pada dirinya sendiri.
“Iya neh, Ma. Tadi aja dapat 7 ekor.” Sahut gw.
“Masa sih? Jangan-jangan ada sarangnya di sekitar sini....” Kata mama berpraduga.
“Ah kalo di dekat-dekat sini mah kayanya ga mungkin, Ma. Paling juga di pohon mangga tetangga depan.” Jawab gw.

Insiden dengan lebah itu sejenak terlupakan. Pagi-paginya kami pun melakukan aktivitas keseharian kami masing-masing. Gw sempat pergi ke beberapa tempat dengan beberapa keperluan. Dan baru balik lagi di rumah hampir pukul 12.00 siang.

Saat gw naik ke lantai 2, menuju ke kamar, gw mendengar suara mendengung yang sama persis dengan suara dengungan yang gw dengar subuh tadi. Rupanya ada beberapa lebah lagi beterbangan. Sandal jepit gw pun kembali jadi senjata andalan gw. Plak plok plak plok... dapat 2 ekor!!

Waktu gw memegang handle pintu kamar gw, gw mendengar suara dengung yang jauh lebih keras lagi. Gw menoleh melihat-lihat suasana sekitar depan kamar, dan gw menemukan puluhan lebah yang sedang beterbangan. Lebah-lebah itu terbang mengitari sebuah benda hitam kecoklatan seukuran telapak tangan di atas plafon. Bulu kuduk gw berasa merinding, waktu tau ternyata gundukan berwana hitam kecoklatan itu adalah koloni para lebah...  Kok aneh ya, perasaan kemaren-kemaren belom ada dech. Lumayan serem sih, apalagi letaknya persis berhadapan dengan kamar gw. Gw jadi berpikiran yang aneh-aneh ala film horor; gw membayangkan lebah-lebah itu menyerang gw, untuk menuntut balas atas kematian teman-temannya... Hiiiiiiyyy!!! Amit-amit jabang baby ngepet dech!!! he he he...

Koloni lebah nampak dari samping
Koloni lebah nampak dari depan

Dengan tenang ala-ala pembunuh berdarah dingin, gw menyiapkan senjata pembasmi lebah-lebah itu. Gw mengambil kain perca kaos, kemudian gw lilitkan ke batang besi. Gw bermaksud akan membuat obor buat membakar lebah-lebah itu. Yang jadi masalah di rumah gw ga ada minyak tanah. Untunglah otak gw secerdik MacGyver he he he... (yang ga tau MacGyver selamat googling dech). Gw mencelupkan lilitan kain perca itu ke dalam tanki sepeda motor gw. Yes!! Obor siap dinyalakan.
Untuk menghidari sengatan lebah-lebah itu, gw memakai jaket dan sarung tangan, plus helm he he he... Lebih baik sedikit ribet daripada muka gw bengkak dimakeover sama kawanan tawon ha ha ha... waktu gw siap naik ke lantai atas dengan segala perlengkapan itu. Mama mengingatkan gw untuk membawa seember air buat matiin obor. That’s good idea, Mama!!
Gw pun siap membasmi lebah jahanam itu... sementara Mama ngungsi ke warung buat beli cemilan hi hi hi... Pokoknya gw meminta mama jangan masuk rumah dulu sebelum  rumah kami steril dari lebah he he he...

Obor dari lilitan kain perca kaos
Mengambil bensin dari tanki motor

Sebelum melaksanakan misi pembantaian, gw membuka lebar-lebar semua jendela di lantai 2. Di depan sarang lebah itu, gw menyalakan obor, dan langsung gw arahkan ke sarang lebah itu. Tak sampai 15 detik semua lebah-lebah itu rontok jatuh dan beterbangan. Ada yang langsung mati, ada yang masih hidup tapi sayapnya sudah tidak utuh, dan ada pula yang beterbangan liar kesana-kemari. Kepakan sayap-sayap para lebah itu menyisakan suara dengungan yang sangat keras dan menyeramkan. Gw melihat dinding bekas berkumpulnya koloni lebah itu, tak ada sedikitpun sarangnya (mungkin mereka baru berniat membangun sarangnya).
Gw mencoba tetap tenang. Dengan secepat kilat gw langsung mematikan obor dengan mencelupkannya ke dalam ember berisi air.

Lebah-lebah bergelimpangan
Koloni lebah yang sudah mati

Step pertama sudah beres, sekarang saatnya membasmi lebah-lebah yang masih beterbangan.  Kalo mengandalkan sandal jepit lagi, kayanya ga akan mungkin bisa. Makanya gw mengambil raket badminton. Kemudian plak plok plak plok... dengan pukulan forehand, backhand, smash dan pukulan antah berantah lainnya, gw menghajar lebah-lebah itu. Ga percuma gw rajin main badminton, ternyata ada manfaatnya juga buat membasmi lebah ha ha ha...

Lebah yang sudah mati di tangan gw

Ukuran lebah-lebah yang ada di rumah gw ini termasuk kecil, panjangnya hanya sekitar 1,2 cm. Tapi tetep aja ogah kalo kena sengat mah. Apalagi kalo lebah yang nyengat jumlahnya banyak banget.

Sebenernya ini bukan pengalaman pertama kali gw berurusan dengan koloni makhluk penyengat. Waktu gw masih SMA gw pernah memusnahkan sarang tawon yang bertengger diatas pohon nangka depan rumah gw yang dulu. Kejadiannya juga lebih dramatis he he he... Coz gw membakar sarang tawon yang seukuran helm itu dari atas genting rumah, dengan obor dari galah, memakai jas hujan plus masker, dan dilakukannya pada malam hari pula!!
Ukuran tawonnya pun lumayan besar, yaitu sekitar 3 cm dan jumlahnya banyak banget!!. Baru keesokan harinya gw bisa menuntaskan sisa-sisa tawon itu dengan raket badminton.

O ya, masih banyak orang yang menganggap tawon (wasp) dan lebah (bee) itu sama. Padahal keduanya merupakan serangga yang berbeda. Untuk membedakannya lumayan mudah sih.
-Ukuran tubuh lebah lebih gemuk dan tawon lebih langsing.
-Ukuran tawon lebih besar dibandingkan dengan lebah.
-Warna tubuh tawon biasanya lebih cerah/mencolok.
-Kaki belakang lebah lebih desar dan pipih, sementara kaki tawon semuanya berukuran sama.
-Tawon bisa menyengat berkali-kali dan masih tetap hidup, sementara lebah hanya bisa sekali menyengat dan beberapa menit kemudian mati.
 -Pada tubuh bagian atas (thorax) tawon hanya ada sedikit bulu halus atau bahkan licin tanpa bulu, sementara lebah tubuhnya berbulu banyak alias hairy wk wk wk...  
-Lebah menghasilkan madu, sementara tawon tidak.


Begitulah pengalaman singkat gw berurusan dengan koloni makhluk penyengat. Dan gw berharap, ini akan jadi pengalaman terakhir gw melakukan pembunuhan masal he he he...

Conclusion:
Hidup harmonis berdampingan dengan alam dan mahluk lainnya memang sangat baik. Tapi  jangan mengambil resiko membiarkan mahluk yang suatu hari kelak bisa membahayakan hidup kita.

10 komentar:

  1. Wiii, ada genosida rupanya :D
    Kali aja tipsnya bisa dipake kalo entar ketemu koloni lebah ya :D

    BalasHapus
  2. Plis d ...

    Sesama 'penyengat' dilarang saling membunuh.
    Ingat .... Pembalasan lebih kejam dari perbuatan.
    Inga ... Inga .. Inga ... TING!


    BalasHapus
  3. @Fian: Weiisss bahasanya genosida wkwkwk... cuma menumpas serangga pengganggu kok :)... kalo pengganggunya cowok cakep mah aku pasti seneng dech he he he...

    @LOV: Tapi 'sengatan' aku kan bikin orang yang disengat ketagihan wkwkwk... Mana ada orang yang ketagihan disengat lebah :p
    Semoga ga ada ya acara balas dendam balas dendaman (kaya film silat aja, ada balas dendam segala) he he he...

    BalasHapus
  4. Eh jagan salah, biarpun "sesama penyengat" kalau sengatan barangnya kecil pendek and slim,trus sengatanya cuma tahan 3 menitan gak akan terasa bung....apalagi sampai ketagihan segala, so faar getow ... hua hua hua ...
    .stevan

    BalasHapus
  5. @Stevan: Wah jangan menebar aib diri sendiri disini dong wkwkwkwk...
    kasian amat: udah mah kecil, pendek dan slim (micro penis), ejakulasi dini pula he he he... #bukan gw banget

    BalasHapus
  6. He he he....bisa aja si farrel...sekarang panggilin mak erot dunk...biar barang gue bisa se ukuran jumbo ( puas...puas..gaya tukul arwana ) just kidding bro.

    mau komen ttg BEE di atas nich...kalau aku mungkin ada kayak gitu dirumahku, malah senang...ambil jaring yg netnya spt kasa nyamuk trus dipindahin dibelakang rumah, paling 1 minggu itu koloni sdh bsa menghasilkan madu, n biasanya mereka cepat pindah tempat.
    kalau di nz krn hawanya dingin, sejuk, green and clean jadi bee nya tdk berbahaya/menyengat..mungkin kalau di bandung kayak di lembang gitu cocok buat ternak bee.
    .stevan

    BalasHapus
  7. hiiiiiih geli benar banyak gitu farrel >.< mereka merubungin apah?

    BalasHapus
  8. @Stevan: Mak Erot kan udah lama meninggal, yang ada paling yang abal-abal he he he... padahal mah prosesnya gampang kok. tinggal ambil pipa pvc dg diameter sesuai keinginan. pasangkan di penis, trus masukkan lebah-lebah itu, lalu tutup piva pvc nya. dijamin akan membesar sesuai dengan pipa pvc nya ha ha ha...
    kalo ga ngerti caranya mah, takut membahayakan.

    @putnaki: ga merubungi, put. tapi beterbangan menyerang, setelah koloninya diobrak-abrik he he he...

    BalasHapus
  9. kak aku baca postingan kakak tentang papercraft. nah aku pengen coba papercraft-ing kak..
    aku mau nanya dong kak beli Karton manila putih ukuran A4 160gr sama Cat semprot bening (pylox clear) itu dimana ya? mohon infonya dong kak ._.
    oh iya kakak ada twitter/facebook gak? biar mudah kalau mau nanya2

    BalasHapus
  10. @Roro Willys: Sebetulnya kertas manila putih itu banyak dijual di toko alat tulis atau tukang fotocopy, cuma ukurannya gede dan jadinya harus motong sendiri. Kalo aku sih belinya di toko kertas dan minta langsung dipotongin jadi ukuran A4 (motongnya gratis kok). daripada motong sendiri hasilnya kurang memuaskan he he he...

    kalo cat semprot bening (merk bisa apa aja sih ga mesti pylox), belinya di toko bahan bangunan. banyak kok.

    fb kamu udah aku add.

    BalasHapus