Jumat, 19 Juni 2009

Suara Malaikat VS Suara Mak Lampir


Musik ga pernah bisa lepas dan jauh dari hidup gw. Even gw ga mahir memainkan alat musik, tapi sense of music gw sangat tajam. Telinga gw sangat peka terhadap nada. Makanya sejak jaman jebot, gw sudah jadi vokalis band. Baik yang amatiran alias gratisan, maupun yang seriusan dan pasang tarif . Eiittsss jangan mikir yang ngerez ya soal pasang tarif? he he he… walau ga bagus-bagus banget gw wedding singer lho he he he….

Ga tau sejak kapan, kepekaan terhadap nada ini gw miliki. Kayanya bawaan dari orok dech. Atau entah karena seringnya gw mendengarkan musik. Dulu, waktu gw les vocal di salah satu, studio musik milik musisi terkenal. Gw dapet nilai tertinggi untuk feeling dan hearing (aduh, maaf jadi sombong neh he he he… jangan protes ya… wakakaka). Mungkin gara-gara talenta ini juga, yang membuat gw pernah dipercaya jadi juri lomba menyanyi anak-anak dan remaja di beberapa event yang lumayan besar di Bandung.

Karaoke adalah kegiatan yang sometimes gw lakukan untuk mengisi waktu. Ga sering-sering banget kok. Ya kalo pas ada waktu luang dan ada teman yang mengajak aja, baru gw karaoke. Daffa dan Ronald adalah teman berkaraoke yang bisa bikin suasana fun. Suara Daffa yang keriting, sekeriting rambut orang nigeria hi hi hi… Pokoknya jenis suaranya dangdut bangetz dech…Kalo Daffa nyanyiin lagu pop juga tetep aja kedengeran cengkok dangdutnya he he he…. Tapi timbre suara Daffa sangat empuk dan enak ditelinga alias merdu lho (Hayo! Daffa jangan GR ya…!!! he he he…). Bersama Daffa gw sering diskusi dan tuker informasi soal musik.

Daffa pernah ngajak temannya karaoke bareng sama gank kami. Namanya Diandra. Suaranya ga kalah keren sama suara Daffa. Cengkoknya juga ga kalah keriting dari Daffa he he he… (maklum dia pernah jadi finalis salah satu kontestan lomba nyanyi dangdut di salah satu televisi swasta nasional).

Postur tubuh Diandra tinggi menjulang, dengan bentuk tulang rahang kotak. Hmmmhh… menurut mitos, katanya kalo orang yang bentuk tulang rahangnya kotak suaranya pasti bagus. Dari pengamatan gw juga banyak penyanyi yang bertulang rahang kotak, suaranya bagus-bagus. Sebut saja: Erni Johan, Dian Pisesha, Nia Daniaty, Benyamin S., Baby Joel, Ermy Kulit, Margie Siegers, Fadly Vokalis Padi, Judika, Rhoma Irama, Ridho Rhoma, Koes Hendratmo, Nining Meida, Sule he he he… Pokoknya banyaklah… Semuanya rata-rata bersuara emas.

Setelah menilai suara Diandra, gw ngomongin soal ‘fenomena’ ini sama Daffa, dan dia setuju banget dengan mitos ini. Malah dia menambah panjang daftar artis-artis berahang kotak yang bersuara indah. Hmmmhhh… Mitos yang sempurna karena didukung oleh fakta yang meyakinkan.

Hari Senin, tanggal 15 Juni kemaren. Ronald pulang ke Bandung, katanya dia ga betah tinggal di Jakarta. Dalam rangka merayakan ultah Raymond, pacarnya Daffa, sekalian menyambut kepulangan Ronald. Daffa mengajak kami berkumpul untuk karaoke bareng di NAV Dago. Kami sepakat untuk berkumpul di tempat kost Raymond dulu, sebelum berangkat bareng ke NAV Dago. Pukul 23.00 kami sudah berada di ruangan medium karaoke NAV Dago. Kami semuanya bertujuh: Gw, Ronald, Daffa, Raymond, Bobby, Andika, dan Zaky (temen Andika dari Jakarta, yang baru kami kenal malam itu). Kami duduk berderet dari kiri ke kanan: Bobby, Ronald, Gw, Zaky, Andika, Daffa, dan Raymond. Hmmmmhhh… Sejak dari tempat kost gw melihat kalo Zaky itu berahang kotak. Pasti suaranya baguslah… kata gw dalam hati. Apalagi dia duduk di bagian tengah kursi ruangan karaoke, pasti dia sudah terbiasa berkaraoke.

Lagu demi lagu kami lalap habis. Akhirnya tiba giliran Zaky menyanyi lagu Agnes monica, Teruskanlah… Dia mulai menyanyi… Aduh!!! Gubrakkk… Kuping gw serasa dikagetkan suara klakson oplet si Mandra ha ha ha… Ternyata suara Zaky jauuuuuh dari bagus weeekkkksss… dari awal sampai akhir ga ada satu not pun yang masuk ke nada lagu aslinya alias fals banget.

Pada lagu-lagu awal dia menyanyi, kami hanya berpura-pura ngobrol, atau hanya saling mengerling dan berusaha ga mempedulikan suara Zaky yang kaya kaleng kerupuk dibanting he he he… Oh my God!!! Rupanya dia fans berat Agnes Monica, karena dia terus menerus menyanyikan lagu-lagu Agnes Monica. Waduh kasian banget Agnes Monica lagunya jadi ancur gini weeekkkksss…

Tibalah, Zaky menyanyikan lagu “Bukan Milikmu Lagi” dengan makin liar tak terkendali!!! Kuping kami makin panas… kami sudah ga tahan lagi menahan tawa… dan secara serempak kami ngakak sejadi-jadinya wakakaka…. Bukan maksud menghina, tapi sumpah!!! Beneran kami ga tahan untuk tidak tertawa. Mendengar kami tertawa, Zaky memencet tombol stop, dia menghentikan “lagu andalannya” he he he…
Thx God!!!. Zaky ga mau menyanyi lagi, sampai acara karaoke kami berakhir pukul 01.00.
Maafkan kami Zaky, Bukan maksud kami mentertawakan kamu… Abis suara kamu bikin geli sih ha ha ha…

Selesai karaoke, kami makan seafood di Jalan Gardujati. Di warung tenda itulah gw baru punya kesempatan ngobrol dengan Daffa.
Gw berbisik di telinga Daffa: “Ternyata teori rahang kotak salah ya…”.
Daffa hanya tertawa dan bilang: “Ya eyalaaaaahhh!!!” ha ha ha…

Conclusions:
Ternyata banyak orang yang ga sadar kalo suaranya buruk… sama kaya orang yang ga sadar kalo dia punya masalah: bau ketek, bau mulut, atau bau jempol, sampai ada orang yang bilang dan menyadarkannya he he he…

4 komentar:

  1. Omaygat deh loe semua, hahahaha....

    Gw cuma mau kasih lagu Rosa - Tega *eh, itu lagu nya Rosa bukan, hahahaha*

    Deuh, gw tau bener deh tuh kenapa milihnya jam 23, pasti pada ngincer Happy Hour kaaaan... ngaku, ayo ngaku deh loe semua...

    Sometimes kalo gw ke Bandung atau loe semua ke Jakarta, kita karoke bareng yuuuk... Tapi jangan bikin nasib gw sama kaya Zaki yah, hahahaha....

    BalasHapus
  2. wah gak sia-sia aku bloging ternyata ada artikel bagus disini...teruskan kreatifitasnya..salam hangat buat para bloger semua..mohon bimbingannya bagi bloger newbie seperti aku ini.. nih aku punya INFO-INFO MENARIK kunjungi ya ..salam blogger

    BalasHapus
  3. hahaha...

    si gw tantang nih nyanyiin belah durenn...

    ayo bang dibelah dibelah...

    hahhahahah

    BalasHapus
  4. -charming Guy-22 Juni 2009 18.46

    jangan gitu ihk.. kasian...
    berbuatlah baek pada sesama..heheh
    lain kali kalo karokean lagi ga ush di ajak, hwa haha

    BalasHapus