Senin, 01 Agustus 2011

Papercraft

Di sebuah stand pameran di sebuah mall beberapa tahun yang lalu, gw ngeliat ada handycraft terbuat dari kertas dengan bentuk-bentuk unik dan menarik. Dibilang origami bukan, karena bentuknya yang lebih rumit, dan teksturnya lebih solid (karena terbuat dari kertas karton). Dari hasil tanya-tanya, gw jadi tau namanya seni papercraft atau Bahasa Jepang-nya pepakura.

Kucing-kucing yang lucu

Valentine's Bear

Hamster


Bentuk-bentuk dengan berbagai karakter menarik perhatian gw, terutama yang berhubungan dengan action figure Jepang. Tapi tangan gw ga bisa menyentuh benda-benda itu coz ada tulisan dengan huruf besar-besar di stand itu: PEGANG, BENJOL!!!. Wadoh sampe segitunya ya??! ha ha ha... tapi setelah gw alami sendiri betapa butuh perjuangan buat menyelesaikan sebuah figur dari papercraft, peringatan atau tepatnya ‘ancaman’ itu memang sangat layak he he he...

Doraemon

Inuyasha


Di stand itu, memang dijual karya yang udah jadi dengan harga yang lumayan mahal, dan tentu saja gw ga mau beli ha ha ha... Akhirnya gw hanya membeli 2 set kertas papercraft siap pakai buat gw bikin sendiri di rumah. Figur anjing hush puppies dan maskot olimpiade Beijing yang jadi pilihan gw, coz jumlah kertasnya ga terlalu banyak, untuk menghindari karya gw mandek ditengah jalan he he he...

Kegiatan memotong, melipat, dan me-lem satu persatu potongan-potongan kertas, memang memerlukan kejelian dan ketelatenan tersendiri. Plus kudu teliti, jangan sampe ada satu potongan pun yang ilang.

Musha Gundam

Gundam

Gundam

Kalo bentuknya udah jadi, kasih sentuhan akhir dengan menyemprotkan cat semprot tak berwarna (pylox clear). Tujuannya supaya lebih tahan lama, bisa dibersihkan, dan tidak luntur bila kena air.

Setelah membuat 2 figur papercraft itu, gw jadi  pengen coba bikin figur-figur lainnya, yang jadi masalah, kok serasa mahal ya, harga puluhan ribu cuma untuk beberapa lembar kertas karton dengan gambar tertentu??? Akhirnya gw googling aja. Awalnya sedikit agak sulit memang, coz kebanyakan template papercraft itu berbahasa Jepang (dengan huruf kanji yang njlimet pula). Dari situ barulah gw tau ternyata kata kunci pencariannya dengan memakai kata ‘pepakura’ alias papercraft dalam Bahasa Jepang. Semuanya lengkap dengan petunjuk cara pembuatannya.

Anime Girl

Cherry Anime

Chikage
Ratusan template figur papercraft berhasil gw download, mulai dari yang simple-simple (cuma satu lembar A4), sampe yang rumit dan membutuhkan berpuluh-puluh lembar untuk di print. Sebagai pelengkap tentu saja gw butuh kertas karton manila putih untuk mencetak template yang gw download. Di salah satu toko kertas, gw harus memesan terlebih dahulu 1 rim karton manila putih untuk dipotong menjadi ukuran A4, coz karton manila aslinya berukuran besar. Murah kok, waktu itu harga 1 rimnya kurang dari Rp.30.000,- saja.

Buat bikin papercraft bahan-bahan dan alatnya cukup sederhana kok dan jelas murah meriah.
Bahan dan Alat yang dibutuhkan:
- Karton manila putih ukuran A4 160gr (jumlah sesuai dengan yang dibutuhkan).
- Lem UHU atau lem FOX yang bening.
- Cat semprot bening (pylox clear)
- Printer (untuk mencetak template)
- Gunting
- Pinset
- Cutter
- Penggaris (kalo ada yg terbuat dari logam).

Kalo papercraft kita udah jadi, kita bisa menaruhnya dalam sebuah kotak plastik mica yang ukurannya disesuaikan dengan karya kita itu. Tujuannya agar terlindung dari debu. Kotak plastik mica bisa dibeli di toko plastik atau toko bahan-bahan kue.

Dan taraaaa...!!!!  ini dia yang ditunggu-tunggu, link buat mendownload template papercraft:
2. Kelinci & Wortel
8. Naruto
16. Gagak
35. Sonic
36. Pokemon

Kalo mau lebih banyak, browsing sendiri aja ya. Coz sekarang mencarinya sudah jauh lebih mudah dan lebih banyak macamnya.
Semoga dengan membuat papercraft bisa meningkatkat kreativitas kita, dan bagi yang punya banyak waktu luang, membuat papercraft bisa dipakai buat ngabuburit sambil menunggu beduk maghrib...

Conclusion:
Papercraft melatih kita untuk bekerja dengan tekun, teliti, sabar, dan telaten. Kerjakan step by step dan jangan cepat menyerah!!!





9 komentar:

  1. ini karya Farrel semua? edun keren banget :D

    papercraft memang sedang ngetrend. Penerbit buku aku baru saja nerbitin buku papercraft juga. penulisnya wira-wiri ke luar negeri pameran terus.

    BalasHapus
  2. aku mau dibikinin donk!!! untuk ukuran jari yang kayaknya jempol semua kaya gw, pasti susah banget bikinnya :)

    BalasHapus
  3. @fai: iya, emang lucu-lucu bentuknya.
    @Paulus: Foto nyomot dari internet, tapi buatan aku ga kalah rapi kok he he he... Yang buatan aku, malah kebanyakan diminta temen-temen. di rumah ada sih tinggal beberapa, tapi males motretnya he he he...
    @Apis: Boleh, emang apis suka figur apa? jari aku juga gede" kok, jadi bukan halangan kok.

    BalasHapus
  4. Wah..kapan hari juga sempet bikin papercraft. Cuma banyak yang diambil temen. Sempet bikin lokomotif, tapi mandeg di tengah jalan. Kalau Gundam sih udah jadi yang versi mini. hehe..

    BalasHapus
  5. wah,,,boleh juga tuh...lumayan buat keponakan gue kalo ke rumah, meskipun gw ragu bisa nyeleseinnya apa ngga. fiuh...

    BalasHapus
  6. @futuredoctor: ternyata kalo lg iseng hobby kita sama ya pak dokter he he he... aku juga pernah mandeg beberapa kali (dan terbengkalai). kuncinya bikin figur yang bener" kita suka, jadi pasti lebih semangat.
    @JinggaMerah: Kamu pasti bisa bro, dan menyenangkan keponakan ga perlu dengan mengeluarkan budget mahal kok. mereka pasti suka, apalagi kalo dilibatkan (suruh bikin yang simple" sendiri).

    BalasHapus
  7. Maaf bang kemarin nulis comment sambil ngalamun :">

    Upload karya bang Farrel dong, pasti hasilnya bagus :D

    BalasHapus
  8. @Fin: posting komen apa gt? aku malah belom sempet baca he he he... iya tar ya kudu bikin dulu neh...

    BalasHapus